Skip to main content

Ini Soal Ciprat, Bukan Citra, Apalagi Cita dan Cipta

Melongok ke belakang, penampilan gagah Soekarno bergandengan dengan pemimpin-pemimpin negara bekas jajahan di Asia, Pasifik, Afrika, dan belahan tengah dan selatan benua Amerika, mengusung KTT Non Blok dan Konferensi Asia Afrika, merupakan panggung pencitraan kolosal yang mampu menyibukkan dinas telik sandi Amerika Serikat dan Inggris. Pagelaran akbar itu sempat mengganggu agenda dan proses fabrikasi demokrasi kapitalistik saat itu. Jauh berbeda dibanding pencitraan masa kini yang tak beranjak dari pupur dan gincu murahan.

Koleksi bacaan yang kita rujuk tentang Indonesia periode Kemerdekaan hingga dijatuhkannya Soekarno adalah soal kegagalan ekonomik, diukur dari takaran ekonomi (neo)klasik, yang gencar dipropagandakan sebagai awal Perang Dingin. Naiknya Soeharto yang dilimpahi fasilitas Utara, yang kemudian kecipratan rejeki meroketnya harga minyak gara-gara Perang Yomkipur, didudukkan sebagai rujukan baku bagaimana negara miskin naik kelas mencapai status 'berkembang'. Sepanjang periode 70an hingga akhir 90an ambang toleransi Utara terhadap kebengisan rejim Soeharto sangat tinggi. Neraca yang digunakan adalah ekonomi, yang juga menjadi ajang eksportasi neoliberalisme Reagan-Tatcher.

Hegemoni rujukan dan bacaan tentang baku mutu ekonomi yang berbasis pada konsumsi barang dan jasa industrial didudukkan sebagai keniscayaan tanpa tanding. Bahan bacaan itu menjadi kurikulum belajar pada lembaga-lembaga persekolahan berbagai tingkatan, memproduksi tenaga trampil dan cekatan yang siap melayani pasar. Ungkapan cita-cita anak Indonesia adalah soal jenis pekerjaan, bukan gambaran keadaan yang lebih baik. Daya cipta didudukkan sebagai bakat khusus mereka yang nyeleneh dari domain fabrikasi tenaga trampil dan cekatan.

Generasi kalangan pelawan pada masa Soeharto sangat diuntungkan karena adanya sosok utuh yang harus dilawan. Pada masa sekarang yang dilawan justru sesuatu yang menjerat hingga ke sumsum tulang belakang orang per orang: Konsumerisme. Sebuah tata pemenuhan yang mengabdi pada pasar dan telah meluluhlantakkan tata produksi yang sesuai kemampuan sosial dan ruang hidup setempat. Jangan heran jika Indonesia konon merupakan negara pembelanja perangkat telepon genggam beserta ubo-rampenya yang tergolong terbesar di dunia. Belanja, belanja, belanja....

Comments

Popular posts from this blog

Malu, Kemaluan, Kemakluman

Orang selalu berubah. Berubah secara fisik dan mental. Orang mati pun berubah, apa pun perlakuan terhadap jasadnya. Dikremasi jadi abu. Dikbubur, maka jasad akan didekomposisi oleh bakteri-bakteri tanah. Tetapi perubahan seperti apa yang membuat kita jengkel? Bagi saya yang menjengkelkan adalah perubahan sikap dan pandangan seseorang dari sesuatu yang terlihat baik menjadi hal yang tidak baik, dengan mengabaikan kepantasan, rasa malu, kemudian berharap khalayak memakluminya.

Kerenya Bangsaku: Hanya di Mafia Sepakbola? Saya Kira Semua Hal

Menonton penggalan wawancara Aiman Wicaksono dengan pelaku suap dan pengaturan pertandingan sepakbola di Kompas TV memang membuat darah mendidih. Ada sepotong kalimat yang harusnya membuat kita semua merenung tentang diri kita, sebagai perseorangan, sebagai warganegara dari Republik Indonesia, sebagai warga bangsa Indonesia yang katanya adalah bangsa yang besar. "Mengapa bandar-bandar judi dari Malaysia, Singapura dan negara lain memilih Indonesia dan PSSI sebagai arena permainan mereka?" Tanya Aiman. Si pelaku menjawab, "Karena menurut mereka orang Indonesia itu bodoh dan rakus. Mereka maunya uang. Gampang dipermainkan."

Rakyat, Merakyat, Pro-Rakyat, Menjual Rakyat

"Tidak ada masalah dengan gayanya yang gagah menunggang kuda, naik helikopter dan mobil Lexus. Yang penting beliau pro-rakyat!" Argumen tolol seperti ini begitu konsisten disampaikan. Pro-rakyat adalah soal label. Label itu dibeli dengan biaya sangat mahal oleh orang yang seumur-umur tidak pernah merasakan hidup sebagai rakyat. Belanja yang sangat besar untuk membuat tabungan politik dilakukan dengan seksama karena lebih mudah membeli label pro-rakyat ketimbang merakyat, apalagi menjadi rakyat. Saya pun bisa memaklumi. Daripada bersandiwara dengan acting yang kedodoran, lebih baik menjadi diri sendiri. Di sini Fadli Zon benar ketika menggambarkan sosok Prabowo, "Dia itu adalah laki-laki yang jujur dan apa adanya." Tetapi yang disebut dengan 'apa adanya' bukan sesuatu yang membuat kita, sebagai warga, nyaman melihatnya.